Home Piala Dunia Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari Irak

Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari Irak

Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari IrakTimnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak pada laga lanjutan fase Grup F Kualifikasi Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) Senayan Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore.

Dua gol kemenangan Irak dicetak melalui tendangan penalti dan akibat blunder kiper Indonesia. Kedua gol terjadi di babak kedua.

Indonesia bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-59. Kapten tim Jordi Amat mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran keras.

Indonesia vs Irak main imbang 0-0 di babak pertama. Saat laga dimulai, Irak mengambil inisiatif untuk menguasai bola dan menebar ancaman. Pada menit ke-10, Irak mendapatkan peluang pertama. Tendangan keras Osamah Jabbar Rashid melenceng di sisi kanan gawang Indonesia.

Pada menit ke-16, gol pemain Irak Ibrahim Bayesh dianulir wasit Shaun Evan karena lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Thom Haye.

Di menit ke-20, Indonesia membuka peluang lewat aksi individual Rafael Struick. Melewati sejumlah pemain Irak, Struick berhasil merangsek ke kotak penalti dan menimbulkan ancaman. Namun, bola bisa dipotong bek Irak.

Irak kembali berusaha menguasai jalannya permainan dan lebih banyak melancarkan serangan dari sisi kiri penyerangan.

Pada menit ke-34 Indonesia mendapatkan peluang lewat akselerasi Rafael Struick yang mengirimkan umpan kepada Sandy Walsh. Tendangan Sandy Walsh masih bisa ditangkap kiper Irak.

Di menit ke-41 Indonesia kembali mengancam gawang Irak lewat permainan open play. Sayangnya, umpan matang Shayne Pattynama kepada Marselino di depan gawang lawan bisa dipotong bek Irak.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta. Indonesia vs Irak berakhir imbang 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, duel Indonesia vs Irak masih relatif seimbang. Permainan berubah Ketika di menit ke-53 Justin Hubner handsball. Penalti buat Irak. Aymen Hussein yang menjadi eksekutor berhasil mencetak gol untuk membawa Irak unggul 1-0 atas Indonesia.

Dalam situasi tertinggal 0-1, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-59. Jordi Amat mendapatkan kartu merah langsung kare tekel kerasnya terhadap penyerang Irak.

Unggul jumlah pemain, Irak kian nyaman bermain dan mendominasi serangan. Indonesia mengandalkan serangan balik.

Di menit ke-73, wasit Kembali memberikan penalti buat Irak. Ernando Ari dianggap melanggar pemain Irak di kotak penalti. Tendangan penalti Aymen Hussein melambung. Skor tetap Indonesia Vs Irak 0-1.

Di menit ke-79, Ragnar nyaris menyamakan skor usai menerima umpan lambung Ernando Ari. Saat berhadapan dengan kiper Irak, bola berhasil dicuri bek Irak.

DI menit ke-88, Ernando Ari melakukan blunder fatal. Menerima back pass dari Asnawi, Ernando gagal mengecoh Ali Jassim. Bola bisa direbut dan dengan mudah Ali Jassim bisa menceploskan bola untuk membawa Irak unggul 2-0.

Skor akhir Indonesia Vs Irak 0-2.

Dengan hasil ini, Irak memuncaki klasemen dengan 15 poin. Indonesia masih ada di posisi kedua dengan raihan tujuh poin dan masih berpeluang lolos babak ketiga.

Untuk meraih tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia masih mempunyai satu laga lagi yaitu melawan Filipina pada 11 Juni 2024.

Kemenangan atas Filipina akan membawa Indonesia lolos ke fase berikutnya. Tapi kalau Vietnam menang di dua laga tersisa, makan penentuan tim menemani Irak akan dilihat dari selisih gol.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari; Shayne Pattynama (Pratama Arhan 65′), Nathan Tjoe-A-On, Jordi Amat Mass, Rizky Ridho; Thom Haye (Ivar Jenner 65′), Marselino Ferdinan, Justin Hubner; Sandy Walsh (Asnawi Mangkualam 65′), Rafael Struick (Yakob Sayuri 74′), Ragnar Oratmangoen.

Irak: Jalal Hassan Hachim, Hussein Ali, Suad Natiq, Ahmed Yahia, Rebin Sulaka, Osama Rashid, Amir Al Ammari, Zidane Iqbal (Youssef Amyn 46′), Bashar Resan Bonyan (Ali Jasim El-Aibi 46′), Ibraheem Bayesh, Aymen Hussein (Mohammad Ali 77′).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.