Liga 1 2024/2025 Mulai 9 Agustus, Championship Series Dihapus!

Championship Series Liga 1Liga 1 2024/2025 akan dimulai pada 9 Agustus 2024. Duel Persib Bandung vs PSBS Biak akan menjadi pertandingan pembuka.

Liga 1 2024/25 dipastikan tidak menggunakan format Championship Series seperti musim lalu. Keputusan ini penghapusan Reguler dan Championship Series diambil karena format kompetisi tersebut dianggap memakan waktu yang cukup panjang

Dengan begitu, Liga 1 musim 2024/2025 depan akan kembali ke format reguler liga, seperti dua musim sebelumnya. Tim yang menempati peringkat akhir klasemen sebagai juara.

Jadwal Liga 1 2024/25 dan penghapusan Championship Series disampaikan langsung Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus.

Kick off akan dilakukan tanggal 9 Agustus di Bandung, di mana Bandung (Persib) akan bertemu dengan juara Liga 2 musim lalu, PSBS Biak. Juara Liga 1 akan bertemu dengan juara Liga 2,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (20/6).

Soal penghapusan Championship Series, Ferry mengatakan hal itu demi kepentingan tim nasional.

“Sebenarnya bukan tidak baik ya, ini banyak slot kebutuhan tim nasional yang harus dipenuhi… Ini kita memang memberi ruang kepada tim nasional untuk bisa memanfaatkan pemusatan latihan yang sifatnya dibutuhkan oleh Badan Tim Nasional,” kata Ferry.

“Supaya tidak lagi ada penghentian (kompetisi) di tengah jalan. Kita sudah bikin road map sampai dengan 2027 jadi tidak ada lagi penghentian di tengah, itu sudah ditetapkan semua kapan mau istirahat..kalau menggunakan Championship Series lagi maka ini akan mundur jauh,” imbuhnya.

Ferry menegaskan, format Championship Series ditinjau dari segi efisiensi waktu tidak mencukupi untuk bisa berkesinambungan dengan kalender tim nasional.

Oleh sebab itu, PSSI dan PT LIB memutuskan untuk kembali menggunakan format liga dalam sistem kompetisi Liga 1 2024/25.

“Jadi bukan tidak bagus Championship Series. Championship Series ini sebetulnya animonya besar dari sisi produk tapi kebutuhan waktunya yang tidak mencukupi sehingga mau tidak mau kita harus balik ke sistem kompetisi liga yang penuh,” kata Ferry Paulus.

Pertandingan antara juara bertahan Persib Bandung melawan jawara Liga 2 2023/2024 PSBS Biak menjadi laga pembuka Liga Indonesia atau Liga 1 musim 2024/2025.

Duel yang mempertemukan jawara dari dua kasta liga sepak bola Indonesia musim lalu tersebut akan berlangsung di Bandung pada 9 Agustus. (ANTARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.