Home Liga 1 Semua Pertandingan Liga 1 2023/2024 Tanpa Suporter Tim Tamu

Semua Pertandingan Liga 1 2023/2024 Tanpa Suporter Tim Tamu

Liga 1 2023/2024Dengan alasan menghindari bentrokan antarsuporter, seluruh pertandingan Liga 1 2023/2024 tanpa suporter tim tamu. Dengan demikian, hanya pendukung tim tuan rumah yang boleh datang ke stadion.

Liga 1 musim 2023/204 akan dimulai pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Kepastian Semua Pertandingan Liga 1 2023/2024 Tanpa Suporter Tim Tamu itu tertuang dalam aturan terbaru yang disampaikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2023/2024.

Disebutkan, semua pertandingan tidak boleh didatangi oleh suporter klub lawan dan hanya bisa ditonton secara langsung di stadion oleh suporter tim tuan rumah.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, aturan ini ada demi tidak adanya kerusuhan antar penonton saat Liga 1 digelar.

Menurut dia, hingga saat ini federasi sepak bola dunia, FIFA, masih memantau perkembangan sepakbola Indonesia. Bahkan, FIFA tidak akan segan-segan memberikan sanksi lebih berat berupa pemberhentian sepakbola Indonesia.

“Ingat, peristiwa Kanjuruhan masih ada dalam catatan FIFA. Kita beruntung hanya diberi sanksi yang ringan, sehingga tetap bisa menggelar pertandingan internasional, FIFA Matchday dan kompetisi. Namun jika bila ada kerusuhan, seperti di akhir musim kemarin, percayalah, FIFA akan berhentikan sepakbola Indonesia. Jangan jadi bangsa yang lupa, sebab FIFA tidak akan lupa,” kata Erick Thohir saat berkunjung ke Stadion Manahan, Solo Minggu, 4 Juni 2023.

Erick menyampaikan, kompetisi Liga 1 2023/2024 akan digelar berbarengan dengan pesta demokrasi Indonesia, Pemilu 2024.

Karena itu, PSSI dan PT LIB selalu berusaha menjalankan arahan Presiden yang selalu memperhatikan keamanan di sepak bola Indonesia.

“Oleh sebab itu, bersama PT Liga Indonesia Baru, sudah dikeluarkan jadwal jauh hari sebelum kompetisi dimulai. Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar kita bisa mengantisipasi keamanan,” ucapnya.

Adanya aturan suporter tim tamu dilarang datang diharapkan bisa membuat pertandingan menjadi lebih nyman dan aman.

“Catatan hanya penonton tuan rumah yang bisa hadir di stadion merupakan kebijakan sementara agar kita bisa mewujudkan kompetisi yang nyaman dan aman, serta penonton bisa pulang ke rumah dengan selamat,” ujarnya. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.