Home Piala AFC Usai #BoikotMNC Trending, MNC Bolehkan Nobar Timnas Indonesia U-23 Non Komersial

Usai #BoikotMNC Trending, MNC Bolehkan Nobar Timnas Indonesia U-23 Non Komersial

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024Setelah MNC Group melarang nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, tagar #BoikotMNC trending topic di media sosial X, Minggu (28/4).

Protes dan kritik keras netizen terhadap MNC Group itu membuat pemegang hak siar AFC U23 Asian Cup 2024 itu mengubah sikap.

MNC akhirnya mengizinkan penyelenggaraan nonton bareng (nobar) atau acara offline penyiaran Piala Asia U-23 2024, khusnya Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan pada Semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam mulai Pkl 21.00 WIB.

MNC menyatakan bangga dan bahagia atas kesuksesan yang diraih Timnas U23. Pihak MNC Group melalui televisi free to air yang dimilik, yakni RCTI, serta Vison+, terus memberikan dukungan dengan menghadirkan tayangan Piala Asia U-23 agar dapat disaksikan oleh seluruh masyarat Indonesia.

Dalam keterangan resminya, MNC Group memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin menyelenggarakan nonton bareng agar Piala Asia U-23 dapat disaksikan oleh seluruh masyarat Indonesia.

Namun demikian, MNC memberikan syarat, agar pergelaran nonton bareng tidak memungut biaya serta tidak beriklan atau menerima sponsor dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan alias non-komersil.

“Mari kita terus dukung perjuangan para punggawa Garuda Muda agar bisa berprestasi lebih baik lagi di Piala Asia U-23. Selamat bertanding, semoga menoreh sejarah dengan menjadi juara Piala Asia U-23 tahun ini. Kami akan selalu mendukung mu,” tulis pihak MNC Group dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 berlangsung pada Senin (29/4/24) malam WIB di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Sebelumnya, MNC Group pada Sabtu (27/4) merilis larangan penyelenggaraan acara offline penyiaran Piala Asia U-23 2024 atau AFC U23 Asian Cup 2024, termasuk nonton bareng atau nobar timnas Indonesia di ajang tersebut.

MNC Group menegaskan bahwa pihaknya memiliki hak mengasosiasikan lambang atau logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, trophy AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Republik Indonesia.

Seluruh kegiatan terkait Piala Asia U-23 termasuk penggunaan logo dan atributnya harus ada persetujuan pihak MNC Group.

“Pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” bunyi pengumuman dari MNC Goup.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) juga menyatakan dukungannya atas pelaksanaan Nobar Timnas Indonesia U-23, dengan syarat tidak boleh dikomersilkan.

Dukungan itu dirilis laman resmi Kemenpora RI dalam merespons soal isu pelarangan nonton bareng (nobar) pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 yang mempertemukan Timnas Indonesia kontra Uzbekistan oleh MNC Group.

“Kemenpora mendukung segala inisiasi nobar yang dilakukan oleh sejumlah pemerintah daerah untuk mengakomodasi keinginan dan semangat masyarakat Indonesia dalam mendukung tim Garuda, sepanjang hal tersebut tidak dikomersilkan,” kata Sesmenpora, Gunawan Suswantoro, di Kemenpora, Minggu (28/4/2024).

Sesmenpora mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap memberikan dukungan terhadap Timnas Indonesia yang tengah berjuang di Piala Asia U-23 di Qatar. Apalagi, skuad asuhan Shin Tae-yong itu sedang berburu tiket Olimpiade Paris tahun ini.

“Mari doakan selalu perjuangan skuad Garuda untuk meraih prestasi. Sampai dititik ini adalah prestasi yang membanggakan,” ujarnya.

Sesmenpora melanjutkan, pihaknya bersama PSSI dan MNC Group selaku pemilik hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Indonesia yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap tim Garuda.

Corporate Secretary MNC Group, Syafril Nasution, memberikan klarifikasi terkait kabar pelarangan nobar Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

Dia menegaskan tidak ada larangan nobar, hanya saja yang tidak diperbolehkan terkait adanya komersil dalam acara nobar tersebut.

“Kami MNC Group ingin meluruskan sebagaimana yang banyak diberitakan, bahwa sebenarnya bukan larangan yang kami lakukan. Disini kami ingin meluruskan bahwa penyelenggara itu sebaiknya melakukan pendaftaran,” terangnya.

Menurut Syafril, MNC Group sejatinya bangga atas pencapaian Timnas Indonesia U-23 saat ini. MNC Group, kata dia ingin terus memberikan dukungan dengan menghadirkan tayangan Piala Asia U-23 agar dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat di Tanah Air.

“Kami memperbolehkan nobar sepanjang tidak dikomersilkan, komersil disini tidak memungut bayaran atau memasang sponsor ataupun iklan. Jika ingin nobar tentu sangat kami dorong,” jelasnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.