UEFA Tetapkan Final Liga Champions Pindah ke Portugal

Otoritas sepakbola Eropa UEFA menetapkan Porto, Portugal, sebagai lokasi Final Liga Champions, Manchester City vs Chelsea.

Semula laga final Liga Champions 2021 akan digelar di Ataturk Stadium, Istanbul, pada 29 Mei 2021. Namun, ada kekhawatiran terkait situasi COVID-19 di negara tersebut, apalagi mengingat pertandingan bisa disaksikan penonton.

Turki masuk dalam daftar merah Covid-19 pemerintah Inggris. Oleh karena itu, mereka sempat mengupayakan final Liga Champions bisa digelar di Wembley, terlebih yang berhadapan adalah sesama tim Inggris.

Namun, rencana itu tak terwujud karena segala kerumitan aturan karantina untuk staf, pihak-pihak sponsor, VIP, dan media asing. Pada akhirnya lokasi final dipindahkan ke Porto, Portugal.

Sebanyak 6 ribu fans Manchester City dan Chelsea akan diperbolehkan hadir ke stadion.

“Setelah setahun fans tak bisa hadir ke stadion, UEFA berpikir bahwa segala sesuatunya perlu dibereskan untuk memastikan suporter kedua tim bisa hadir,” ungkap pernyataan UEFA seperti dikutip detik.com dari Sky Sports.

“UEFA berdiskusi untuk memindahkan laga ke Inggris, tapi setelah upaya melelahkan dari Asosiasi Sepakbola (FA) dan otoritas, tidak memungkinkan untuk mencapai pengecualian yang dibutuhkan dari peraturan karantina Inggris.”

“Otoritas Portugal dan FPF masuk, bekerja cepat, dan mulus dengan UEFA untuk menawarkan tempat yang cocok buat final dan karena Portugal ada di daftar hijau untuk Inggris, para penggemar dan pemain yang hadir ke final tidak perlu melakukan karantina saat pulang,” demikian pernyataan tersebut.

UEFA juga sudah menunjuk wasit final Liga Champions 2020/2021, yakni wasit asal Spanyol, Antonio Mateu Lahoz.

Lahoz adalah ofisial keempat pada pertandingan final 2019 antara Liverpool kontra Tottenham Hotspur.

Mateu Lahoz musim ini sudah enam kali memimpin pertandingan di Liga Champions, termasuk pertandingan leg pertama perempatfinal Bayern Munich kontra Paris Saint-Germain.

Baca Juga:   Hasil Lengkap Liga Champions 2019-2020

Untuk menemani Mateu Lahoz adalah Paul Cebrian Devis dan Roberto Diaz Perez del Palomar sebagai asisten wasit, sementara ofisial keempat adalah Carlos del Cerro Grande.

Wasit VAR adalah Alejandro Jose Hernandez Hernandez beserta Juan Martinez Munuera, Inigo Prieto Lopez de Cerain, dan Pawel Gil.

Untuk wasit final Liga Europa, Manchester United vs Granada, pada 26 Mei adalah Clement Turpin asal Prancis.*

 

Leave a Reply