Tribun Papua Sebarkan Berita Hoax Persipura Batal DegradasiPortal berita Tribun Papua menyebarkan berita bohong alias hoax bahwa Persipura Jayapura batal degradasi dan laga Persiib Bandung vs Barito Putera diulang.

Dilansir website PSSI, PSSI sangat menyayangkan pemberitaan papua.tribunnews.com dengan judul “BREAKINGNEWS Persipura Batal Degradasi, Laga Persib vs Barito Putera Diulang.”

Sekjen PSSI Yunus Nusi pun meminta agar papua.tribunnews.com untuk meralat pemberitahuan itu karena menimbulkan kegaduhan di sepak bola nasional.

PSSI pun memberi batas waktu 1×24 jam agar papua.tribunnews.com untuk meralat berita tersebut. Jika tidak diindahkan PSSI akan melaporkannya ke Dewan Pers karena menyebarkan berita bohong (hoax).

“Ini berita bohong (hoax). Bagaimana editornya bisa meloloskan berita yang tidak jelas entah dari mana sumbernya. Itu berita dibuat berdasarkan opini sendiri dan tidak mengindahkan prinsip-prinsip jurnalistik. Kami sangat menyesalkan berita ini,’’ kata Yunus Nusi.

Sebelumnya, Tribun Papua memberitakan, laporan dugaan laga Persib vs Barito Putera “diterima Komdis PSSI”.

Pada laga pekan ke-34 Liga 1 2021-2022, Barito Putera dan Persib Bandung bermain imbang 1-1.

Dengan hasil tersebut, Persipura Jayapura dipastikan degradasi ke Liga 2.

Tak terima dengan hasil tersebut, manajemen Persipura pun melayangkan protes dan meminta Komisi Disiplin PSSI menilik ulang laga tersebut, karena diduga ada praktik sepak bola gajah.

Menurut Tribun Papua, PSSI pun mengabulkan gugatan dan memberikan putusan sebagai berikut:

  1. Mengabulkan gugatan untuk selanjutnya membatalkan hasil pertandingan Barito Putera versus Persib Bandung atau setidak-tidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara offline.
  2. Menyatakan pertandingan Barito Putera versus Persib Bandung adalah memainkan sepakbola gajah yang melanggar prinsip fair play dan merupakan perbuatan melawan hukum.
  3. Klub Persipura Jayapura batal degradasi dan tetap sebagai peserta Liga 1.
  4. PSSI melarang pemain Persib Bandung David da Silva untuk bermain dalam kompetisi sepakbola di seluruh Indonesia.
Baca Juga:   Jadwal Liga 1 2021: Kick-off Kemungkinan Juli

Merepons pemberitaan tersebut, PSSI menyatakan berita tersebut hoax atau berita bohong. Persipura tetap degradasi ke Liga 2.*

 

Leave a Reply