Persib BandungSebagaimana klub lainnya dalam menghadapi musim baru, Persib Bandung aktif di bursa transfer pemain Liga 1 2022/23.

Hingga Senin, 16 Mei 2022, Persib Bandung sudah merekrut enam pemain baru, yaitu Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya dari Persebaya, lalu David Rumakiek dan Fitrul Dwi Rustapa dari Persipura, Eriyanto (Persiraja), dan Ciro Alves (Persikabo).

Maung Bandung juga mempromosikan pemain klub Liga 3 Bandung United, Arsan Makarin Al Haq, ke tim senior Persib. Total kini ada 7 pemain baru Persib untuk Liga 1 2022/2023.

Dipastikan setidaknya Persib akan merekrut satu pemain baru, yakni pemain asing asal Asia yang kosong setelah ditinggalkan Mohammed Rashid (Palestina).

Selain merekrut pemain baru, Persib juga melepas pemain lamanya. Untuk pemain yang keluar, Persib sudah melepas 13 pemain.

Terbaru adalah Syafril Lestaluhu yang menjadi pemain ke-13 yang dilepas oleh Persib.

Sebelumnya Persib melepas Esteban Vizcarra, Indra Mustafa, Gian Zola, Mario Jardel, Supardi Nasi, Bruno Cantanhede, Puja Abdillah, Dhika Bayangkara, Ardi Idrus, Mohammed Rashid, M. Natshir, dan Aqil Savik.

Aturan Transfer Persib

Pelatih Persib, Robert Alberts, mengaku beberapa pemainnya digoda klub lain untuk meninggalkan Persib Bandung.

Namun, ia menegaskan, tak sembarangan klub peminat bernegosiasi dengan pemain Persib yang masih memiliki kontrak. Ada aturan yang harus ditempuh klub peminat sebelum bernegosiasi.

Menurut Robert, alangkah baiknya klub peminat mengajukan proposal untuk disetujui klub pemilik pemain guna mengizinkannya bernegosiasi.

Biasanya ada nilai yang disepakati, lalu pemain bersangkutan akan diizinkan untuk berkomunikasi menego kontrak dan kepindahannya.

“Itu normal di sepakbola, meskipun pemain tersebut masih dalam ikatan kontrak dan klub lain tidak bisa langsung menawarkan kontrak,” kata Robert.

“Kecuali jika klub tersebut bersedia membayarkan sejumlah uang yang disepakati, baru kami memberi pemberitahuan secara resmi klub peminat boleh menjalin komunikasi dengan pemain kami,” imbuhnya dikutip simamaung.com.

Baca Juga:   Persib Bandung Resmi Rekrut Lagi Zulham Zamrun

Andai nominal tersebut tidak disepakati, pemain bersangkutan dilarang menjalin komunikasi dengan klub lain. Namun cara tersebut tampak ha memang tidak dilakukan banyak tim di Indonesia.

Ada pula yang melakukan komunikasi antar pelatih untuk memastikan dipakai atau tidaknya sang pemain untuk musim selanjutnya.

“Jika tidak maka mereka (klub peminat) tidak boleh menjalin komunikasi. Beberapa tim melakukan itu, beberapa ada yang menghubungi kami dan bertanya apakah mereka bisa berkomunikasi dengan pemain bidikanya, mereka bertanya apakah sang pemain masih terikat kontrak dan masuk rencana di musim depan,” tegas Robert.

Pelatih asal Belanda ini sudah tahu bagaimana kondisi pasar di Indonesia. Negosiasi akan dilakukan dengan senyap dan menunggu kontrak pemain bersangkutan habis di klub. Pada akhirnya keputusan tergantung kepada kemauan pemain.

“Jika pemain sudah habis kontrak maka mereka secara bebas boleh menjalin komunikasi dengan tim lain dan keputusannya itu tergantung dari sang pemain,” jelasnya.

“Saya tahu bagaimana kondisi pasar pemain di Indonesia dan klub mana saja yang bisa membayar. Itu semua akhirnya berujung pada pemain dan bagaimana negosiasinya,” paparnya.

Rekap Transfer Persib Bandung 2022/23

Berikut ini rekap transfer pemain Persib Bandung musim 2022/23 hingga 16 Mei 2022.

MASUK

  1. Rachmat Irianto
  2. Ricky Kambuaya
  3. David Rumakiek
  4. Fitrul Dwi Rustapa
  5. Eriyanto
  6. Ciro Alves
  7. Arsan Makarin Al Haq
  8. Pemain Asing asal Asia.

KELUAR

  1. Esteban Vizcarra
  2. Indra Mustaffa
  3. Supardi Nasir
  4. Aqil Savik
  5. Gian Zola
  6. Mario Jardel
  7. Bruno Cantanhede
  8. Puja Abdillah
  9. Dhika Bayangkara
  10. Ardi Idrus
  11. Mohammed Rashid
  12. M. Natshir
  13. Syafril Lestaluhu

 

Leave a Reply