Tahan Imbang Korea Utara 1-1, Timnas Indonesia Lolos ke Piala AFC U-19

Posted on

Timnas U19

Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2020, usai bermain imbang 1-1 melawan Korea Utara pada laga lanjutan Kualifikasi Grup K di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam.

Gol Kim Kwang Chong di menit 41, disamakan melalui tendangan penalti Bagus Kahfi di menit 61.

Sejak menit awal, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Peluang bersih didapat pada menit kelima.

Serdy Ephy Fano Boky membawa bola ke kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun, bola masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Korut, Sin Kwang Guk.

Tim Merah Putih terlihat sangat bernafsu untuk mencetak gol cepat. Terlihat dari tempo tinggi yang mereka terapkan selama 10 menit pertama.

Tekanan demi tekanan mereka lancarkan. Membuat Korea Utara lebih banyak bertahan.

Skuat Garuda Nusantara kembali mendapat peluang di menit 11 lewat sepakan Beckham Putra dari luar kotak penalti. Tapi, tembakan kerasnya itu jatuh dengan tepat ke pelukan Kwang Guk.

Pasukan Fakhri Husaini kembali mencatatkan peluang di menit 17. Fajar Fathurrahman mendapat umpan dari depan kotak penalti dan langsung melepaskan sepakan keras yang lagi-lagi mampu digagalkan kiper Korut.

Memasuki menit 20, Korea Utara mulai mendapatkan irama permainannya untuk sesekali mengancam gawang Tim Merah Putih. Pertahanan mereka juga sangat rapat sehingga membuat Bagus Kaffi cs kesulitan membuat peluang.

Korut baru mulai aktif menyerang saat memasuki 10 menit akhir di babak pertama. Di menit 41, tendangan jarak jauh pemain Korea Utara membuat Indonesia sementara tertinggal 0-1.

Ri Jo Guk bisa memenangi duel udara untuk memberi umpan pada Kim Kwang Chong. Pemain nomor punggung 10 itu membobol gawang Indonesia dengan tendangan keras.

Baca Juga:   Daftar Pemain Timnas U-19 Kualifikasi Piala AFC U-19

Peluang emas didapat Indonesia di menit akhir babak pertama, setelah Bagus Kahfi dijatuhkan di samping kotak penalti Korut. Tendangan bebas untuk Indonesia hanya menghasilkan kemelut. Bola berhasil dihalau lini belakang Korut.

Di babak kedua, laga masih berlangsung sengit. Jual-beli serangan terus berlangsung. Di menit 56 Brylian masuk menggantikan Theo. Lima meni kemudian, Bagus Kahfi dijatuhkan di kotak penalti.

Bagus yang menjadi eksekutor behasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tiga menit kemudian, Korut nyaris kembali unggul ketika kiper Indonesia meninggalkan gawangnya. Beruntung pemain Korut gagal memanfaatkan bola liar.

Di menit 66, Bagas nyaris mencetak gol kedua Indonesia. Tendangan Fajar Fatur masih bisa diblok pemain belakang Korea Utara. Bola liar di sambar Bagus, tapi masih bisa diblok Kwang Guk dan menghasilkan tendangan penjuru.

Korut tak kalah agresif dan berkali-kali mengancam gawang Indonesia.

Para pemain Indonesia kurang tenang dalam membangun serangan. Bola sering lepas di area pertahanan lawan.

Di menit-menit akhir babak kedua, Indonesia berhasil menekan Korut dan menciptakan sejumlah peluang.

Di menit akhir waktu normal, gawang Indonesia nyaris dibobol. Bola melambung. Di masa injury time, tidak ada gol tambahan. Skor akhir Indonesia vs Korut 1-1.

Dengan hasil ini, Timnas U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 Uzbekistan sebagai juara grup dengan 7 poin, hasil dua kali menang sekali imbang.

Tiga negara ASEAN lainnya yang lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 adalah Malaysia, Laos, dan Vietnam. Malaysia juara Grup G. Laos dan Vietnam runner-up terbaik.

Susunan Pemain

Indonesia U-19: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Rizky Ridho Ramadhani, Amiruddin Bagas Kaffa, Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Theo Fillo Numberi (Brylian 56′), David Maulana, Beckham Putra Nugraha (Komang Teguh Trisnanda 85′), Muhammad Fajar Fathurrahman, Serdy Ephy Fano Boky (M Supriadi 46′), Amiruddin Bagus Kaffi.

Baca Juga:   Ultras Garuda Ancam Boikot Timnas Indonesia U-19

Korea Utara U-19: Sin Kwang Guk (PG); Choe Kwang Hwi, Chae Yu Song, Ri Kum Hyon, Kim Chol Guk, Pak Kwang Sok, Ra Nam Hyon, Ri Jo Guk, Kim Kwang Chong, Kim Ju Song, Kim Kang Song.*

Indonesia vs Korut 1-1 Highlights – Kualifikasi Piala AFC U-19

Penalti Bagus (61′)

Leave a Reply