Sejarah Boxing Day Liga Inggris

Posted on

Sejarah Boxing Day Liga Inggris

Di saat semua kompetisi Eropa meliburkan diri untuk merayakan Natal, Liga Inggris tetap menggelar pertandingan yang dikenal dengan nama Boxing Day.

Boxing Day adalah sebutan bagi pertandingan Liga Inggris sehari setelah Natal, yakni 26 Desember. Dilansir Google Web Light, istilah Boxing Day muncul ketika Ratu Victoria memerintah Kerajaan Inggris pada abad ke-19.

Kala itu, Boxing Day adalah sebuah perayaan dari para pelayan untuk melayani majikan. Setelah hari itu berakhir, pelayan akan diberikan libur dan hadiah khusus dari sang majikan.

Hadiah itu sangat beragam bentuknya, mulai dari uang, pakaian dan banyak lagi lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, istilah Boxing Day pun merambah dari masyarakat ke dalam ranah sepakbola.

Walaupun dalam masyarakat masih ada yang melakukan tradisi Boxing Day, tapi yang terkenal justru istilah Boxing Day di Liga Inggris.

Dulu, pada Boxing Day sang majikan wajib memberikan hadiah pada para pelayannya. Kini, klub sepakbola yang masuk jadwal Boxing Day harus memberikan ‘hadiah’ kemenangan bagi para fans atau pendukung setianya.

Pada periode Boxing Day 26 Desember, dalam seluruh tingkat kompetisi resmi Liga Inggris, di tengah suasana Natal, jutaan suporter, terkadang bersama keluarganya, datang ke stadion-stadion demi menyaksikan tim-tim kesayangan mereka bertanding.

Pada Boxing Day, toko-toko memperpanjang aktivitas operasional, dengan buka lebih pagi dan tutup hingga larut malam pada 26 Desember.

Boxing Day Liga Inggris
Boxing Day Liga Inggris

Menurut catatan sejarah, jauh sebelum era sepak bola modern, laga pertama Boxing Day tercipta pada 26 Desember 1860 antara Sheffield FC vs Hallam FC, di Sandygate Road.

Dalam The Victorian Football Miscellany (2013) karya Paul Brown, dijelaskan, pada periode 1880-an, masyarakat Inggris, khususnya yang berada di strata pekerja, menganggap perayaan Natal adalah liburan yang sangat langka, sedangkan sepak bola kala itu merupakan salah satu hiburan yang tersedia bagi mereka.

Baca Juga:   Hasil & Klasemen Liga Inggris Sabtu 19 Oktober 2019

Oleh karenanya, ketimbang harus mendengarkan pidato ratu dari radio atau televisi, beberapa masyarakat Inggris biasanya lebih memilih mengenakan jaket musim dingin dan topi Santa Claus lalu keluar rumah untuk bercengkerama bersama keluarga atau rekan mereka, sembari menyaksikan pertandingan sepak bola.

Sumber: Berbagai sumber

Jadwal Pertandingan Boxing Day Liga Inggris

Kamis, 26 Desember 2019

19.30 WIB Tottenham Hotspur vs Brighton & Hove Albion
22.00 WIB AFC Bournemouth vs Arsenal
22.00 WIB Aston Villa vs Norwich City
22.00 WIB Chelsea FC vs Southampton FC
22.00 WIB Crystal Palace vs West Ham United
22.00 WIB Everton FC vs Burnley FC
22.00 WIB Sheffield United vs Watford FC

Jumat, 27 Desember 2019

00.30 WIB Manchester United vs Newcastle United
03.00 WIB Leicester City vs Liverpool

 

Leave a Reply