SCM Pemegang Hak Siar Liga Inggris dan Piala Dunia 2022

Nobar Liga Inggris dan Piala Dunia Tanpa Izin Melanggar Hukum dan Dipidana Penjara.

SCM Hak Siar Liga Inggris Piala Dunia

PT Surya Citra Media Tbk (SCM) menjadi pemegang hak siar Liga Inggris 2022-2025 (Premier League) dan Piala Dunia 2022.

SCM adalah subholding EMTEK Group yang selama tiga musim, 2022-2025, akan menyiarkan langsung Liga Inggris. Platform media yang akan menyiarkan langsung Liga Inggris dan Piala Dunia 2022 antara lain SCTV, OChannel, Champions TV, NEX Parabola, dan streaming Vidio.

SCM mengingatkan masyarakat untuk tak melakukan pembajakan tayangan Piala Dunia 2022 dan Liga Inggris 2022-2025.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak menggelar nonton bareng (nobar) secara komersial maupun non-komersial tanpa izin.

SCM bekerja sama dengan Bareskrim Polri serta Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menindak tegas pelaku pembajakan siaran langsung Liga Inggris dan Piala Dunia 2022 Qatar.

Masyarakat yang ingin menggelar nobar Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022-2025 harus mengantungi izin resmi dan tertulis dari SCM atau PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG).

IEG adalah anak perusahaan SCM yang ditunjuk sebagai mitra untuk pengelolaan hak penyelenggaraan kegiatan nobar.

“Soal hak siar, konsennya bukan hanya IEG dan SCM, tapi industri,” ujar Direktur IEG, Hendy Lim, dalam jumpa pers di, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Menurut Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham, Anom Wibowo, menggelar nobar Piala Dunia 2022 dan Premier League 2022-2025 tanpa izin dari pemegang lisensi adalah pelanggaran hukum.

“Ini bentuk penghargaan dari SCM kepada negara dan masyarakat yang mendapatkan hak siar. Hak siar itu tidak gratis. Diperoleh setelah membayar mahal,” ucap Anom.

“Saya berkewajiban memberikan perlindungan kepada SCM dari pihak-pihak yang menyalahgunakan hak siar. Contoh nobar di kafe dan harus membayar. Padahal mereka tidak izin.”

“Modus lain, masyarakat menggunakan televisi kabel dan menyebarkan hak siar. Rugi sekali karena mereka mencari keuntungan. Menggunakan media sosial dan YouTube untuk mendapatkan uang tanpa memiliki hak siar, itu bisa dikenakan pelanggaran hukum,” tambahnya.

Liga Inggris 2022/23 akan dimulai 6 Agustua 2022-28 Mei 2023 dan Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung 21 November hingga 18 December 2022.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.