Rossi Dinilai Berpeluang Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Posted on



Rossi Dinilai Berpeluang Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Valentino Rossi dinilai memiliki peluang untuk menjadi juara dunia MotoGP 2020. Penilaian itu dikemukakan Direktur Pelaksana Yamaha, Lin Jarvis.

Keyakinan itu dilandasi penampilan Rossi pada MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). 
Kala itu The Doctor berhasil finis di urutan ketiga, di belakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) dan Maverick Vinales.
Podium di MotoGP Andalusia 2020 merupakan yang pertama bagi Rossi, setelah kali terakhir ia meraihnya pada MotoGP Amerika, 15 April 2019. 
Finis di urutan ketiga juga membuat Rossi menebus hasil buruk di MotoGP Spanyol di mana ia gagal menyelesaikan balapan akibat motornya mengalami masalah teknis. 
Saat ini Rossi menempati peringkat kelima klasemen MotoGP 2020 dengan koleksi 16 poin. 
Menurut Jarvis, usaha Rossi untuk kembali meraih gelar juara dunia tidak akan mudah, karena rider berusia 41 tahun itu harus bersaing dengan para pebalap muda. 
Meski demikian, Rossi memiliki keuntungan dengan banyaknya pebalap yang cedera pada dua seri awal MotoGP musim ini, salah satunya Marc Marquez yang terjatuh di GP Spanyol.

“Setelah dua seri, semua pebalap top punya peluang untuk meraih gelar juara dunia,” kata Jarvis dikutip kompas.com dari Speedweek, Minggu (2/8/2020). 
“Untuk saat ini, kami masih memiliki 12 balapan lagi dan dari sua seri yang sudah dilalui kita bisa melihat apa pun bisa terjadi,” ucapnya.
“Pada seri pertama, ada tiga pebalap yang mengalami cedera yaitu Cal Crutchlow, Alex Rins, dan Marc Marquez. Ini adalah olahraga yang tidak terduga karena segala hal bisa terjadi,” ujar Jarvis.
Rossi harus mewaspadai kekuatan para juniornya, termasuk Quartararo dan Vinales yang tampil konsisten pada dua seri awal MotoGP 2020. 
“Ini tidak akan mudah bagi Rossi, khususnya setelah melihat konsistensi Quartararo dan Vinales. Mereka sangat kuat pada dua balapan pertama,” tutur Jarvis. 
“Rossi jelas memiliki peluang untuk meraih gelar juara dunia, tapi saya menekankan bahwa hal itu tidak akan mudah karena dia harus menghadapi beberapa pebalap muda yang andal,” pungkas Jarvis.*

BolaGP Sport

Leave a Reply