Resmi, Persib Rekrut Mateo Kocijan dan Lepas Stefano Beltrame

Kocijan bisa mengisi posisi Alberto Rodriguez yang sudah pindah dan Dedi Kusnandar yang masih bertahan.

Mateo KocijanPERSIB Bandung resmi merekrut pemain baru asal Kroasia, Mateo Kocijan. Maung Bandung mengontrak gelandang bertahan kelahiran Koprivnica, 27 Maret 1995, tersebut selama satu tahun.

Menurut interim Director of Sports PT Persib Bandung Bermartabat, Adhitia Putra Herawan, perekrutan Kocijan merupakan hasil evaluasi dan rekomendasi pelatih Bojan Hodak yang membutuhkan tambahan pemain di lini pertahanan.

“Pelatih membutuhkan tambahan pemain untuk memperkuat lini pertahanan. Pilihan dan rekomendasi yang disampaikan pelatih adalah Mateo Kocijan,” ujar Adhit.

Pertimbangan lain yang disampaikan Bojan, selain sebagai bek tengah –posisi yang ditinggalkan Alberto Rodriguez, Kocijan juga terbiasa dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Sebelum bergabung dengan Persib, Kocijan tercatat sebagai pemain klub Superliga Albania, FK Partizani pada musim 2023/2024. Klub lain yang pernah dibelanya di Kroasia antara lain Slaven Belupo Koprivnica dan NK Borac Imbriovec.

Bojan Hodak juga mengungkapkan alasan dirinya merekrut Mateo Kocijan di bursa transfer awal musim Liga 1 2024/2025.

Menurutnya, Kocijan bisa bermain di dua posisi. Selain sebagai gelandang bertahan, Kocijan bisa tampil sebagai bek tengah.

“Dia adalah gelandang bertahan, dia juga bisa bermain sebagai stoper. Jadi jika misalnya ada bek yang cedera, dia bisa bermain di posisi tersebut,” ungkap Bojan.

Bojan melihat pos gelandang bertahan tidak memiliki pelapis. Sejauh ini, Skuad Maung Bandung selalu mengandalkan Dedi Kusnandar.

“Dan untuk alasan lainnya adalah Dedi tidak punya pelapis karena hanya Dedi, gelandang bertahan yang saat ini kami miliki di dalam tim. Jadi kami harus memiliki satu pemain lain di posisi tersebut,” terangnya.

Hatur Nuhun Stefano Beltrame

Stefano Beltrame

Tidak lama setelah merekrut Mateo Kocijan, Persib juga melepas gelandang Stefano Beltrame. Persib tidak melanjutkan ikatan kerja sama seiring dengan berakhirnya durasi kontrak pemain asal Italia tersebut di akhir kompetisi Liga 1 2023/2024.

Stefano menjadi pemain asing kedua yang meninggalkan Persib setelah Alberto Rodriguez.

Adhitia menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras Beltrame selama 6 bulan bersama Persib.

“Meski singkat, kebersamaan Beltrame dan Persib sangat berkesan. Terima kasih atas kontribusi dan dedikasinya untuk PERSIB akhirnya bisa kembali juara,” kata Adhit.

Beltrame diumumkan bergabung dengan Persib pada 28 November 2024. Pemain kelahiran Biela, Italia, 8 Februari 1993 ini didatangkan untuk mempertajam lini serang Persib yang tengah berjuang menembus zona championships series.

Sepanjang putaran kedua kompetisi Liga 1 2023/2024 hingga championships series, Beltrame tampil dalam 16 pertandingan dengan sumbangan 4 gol. Ia menjadi pencetak gol terbanyak keempat Persib setelah David da Silva (30 gol), Ciro Alves (15), dan Marc Antony Klok (5).

PERSIB.CO.ID

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.