Robert Alberts

Robert Rene Alberts resmi mundur sebagai pelatih Persib Bandung. Dirilis laman resmi klub, Rabu (10/8/2022), setelah tiga musim menjalin kebersamaan, Persib dan Robert Alberts memutuskan untuk mengakhirinya pada Rabu 10 Agustus 2022.

“Pelatih asal Belanda tersebut memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Pangeran Biru,” demikian pernyataan resmi klub.

“PERSIB dan Robert sepakat untuk tidak melanjutkan kerjasama pada Liga 1 2022/2023 ini. Hal tersebut tak lepas dari hasil evaluasi performa PERSIB yang dari tiga pertandingan hanya meraih satu poin.”

Robert menjadi pelatih Maung Bandung sejak awal Liga 1 2019. Robert berhasil mengantarkan prestasi terbaik bagi Persib pada musim 2020 dan musim terakhir 2021/2022 sebagai runner-up.

Dijelaskan, keputusan mundur Robert dari pelatih kepala Persib merupakan sikap yang diambil Robert sendiri. Langkah itu diambil demi kebaikan Persib.

“Didasari semangat saling menghormati dan demi kepentingan bersama dan kebaikan Persib, Robert pun pamit undur diri. Hatur Nuhun, Robert Alberts untuk profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan untuk tim yang tidak akan kami lupakan,” pungkas Persib dalam pernyataan resminya.

Mundurnya Robert sebagai pelatih Persib sekaligus memenuhi tuntutan dari Bobotoh –julukan suporter Persib Bandung.

Selain meramaikan tagar #ReneOut, ribuan bobotoh menggelar aksi demo di depan Graha Persib yang merupakan kantor manajemen Persib.

Dua poin tuntutan disampaikan oleh Bobotoh, yakni pergantian posisi pelatih kepala yang dijabat oleh Robert Rene Alberts, serta sistem pembelian tiket yang lebih mudah bagi laga kandang Persib.

Manajemen Persib telah menjawab salah satu dari tuntutan Bobotoh tersebut — yakni tidak Robert tidak lagi menjabat sebagai pelatih kepala tim.

Hal tersebut disampaikan manajemen Persib melalui rilis mereka kepada awak media. Persib dan Robert berpisah setelah pelatih asal Belanda itu memilih untuk mundur.

Baca Juga:   Persib Kalahkan Bhayangkara, Bali United Tersingkir

Pernyataan Robert Alberts

Robert Alberts pun turut buka suara terkait keputusan mundurnya.

“Bagi kalian yang memberikan positive support beberapa minggu terakhir ini, untuk keluarga saya dan saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih,” ungkap Robert Alberts, Rabu 10 Agustus 2022 melalui Instagram resminya.

“Saya pergi dengan bangga, mengetahui bahwa saya telah melakukan segala yang mungkin dan terbaik untuk @persib,” katanya dikutip Republik Bobotoh.

“Kehormatan tulus saya untuk bekerja dengan Glenn dan @teddy.tjahjono sebagai direktur klub dan menjadi direktur sepakbola terbaik yang pernah saya temui,” tutur eks pelatih PSM Makassar tersebut.

Budiman Pelatih Sementara

Komisaris Persib, Umuh Muchtar, mengatakan, mundurnya Robert Alberts sebenarnya sudah dibahas sejak malam kemarin.

Namun, pembahasan tersebut sempat alot dan pada akhirnya ia mendapat intruksi dari Direktur Utama PT PBB, Glenn Sugita pada pagi tadi bahwa Robert Alberts sudah mengundurkan diri dari tim.

Keputusan tersebut diterima Umuh Muchtar pada pukul 12.30 WIB.

Ia juga memastikan laga selanjutnya kontra PSIS Semarang, Robert Alberts sudah tak mendampingi Persib.

“Saya, Pak Glenn dari kemarin dengan Pak Kuswara, panjang lebar, saya tunggu ada keputusan, akhirnya Alhamdulillah, kurang lebih 12.30 tadi Pak Glen telepon saya, jadi Rene Alberts sudah mengundurkan diri dan tidak di Persib lagi,” ujar Umuh.

Untuk pertandingan versus PSIS di pekan keempat Liga 1 pada Sabtu (13/8) pukul 16.00 WIB di Stadion GBLA, Umuh menambahkan timnya akan dipimpin oleh asisten pelatih Persib, Budiman.

“Jadi besok lawan Semarang di-back up dulu sama assiten pelatih, robert besok juga tidak ada di lapangan. Itu intinya.” tutupnya.

Tulis Komentar