Prediksi Persib Bandung vs Persebaya Surabaya 18 Oktober 2019

Posted on

Persib vs Persebaya

Persib Bandung menjalani pertandingan kandang melawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-23 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat 18 Oktober 2019.

Laga digelar di Bali karena Persib tidak mendapatkan izin keamanan untuk menggelar laga di Bandung. Laga lawan Persebaya di Bali memunculkan trauma bagi pemain Persib karena musim lalu juga harus bermain di Bali akibat sanksi PSSI. Saat itu Persib kalah telak 1-4.

Sejak itu, Maung Bandung harus mengakui keunggulan skuat Bajul Ijo karena mengalami kekalahan berturut-turut dalam tiga pertemuan terakhir.

Menjelang laga nanti, pelatih Persib Robert Alberts mengakui kekuatan Persebaya. Terlebih dengan kehadiran David da Silva di lini depan.

Da Silva merupakan salah satu rekrutan Persebaya pada pertengahan Shopee Liga 1 2019. Turut bergabung Diogo Campos dan Aryn Williams.

Kehadiran ketiganya meningkatkan kualitas Bajul Ijo. Namun, Robert mengedepankan Da Silva sebagai sosok pembeda. Dia khawatir penyerang asal Brasil itu bakal membuat Persib menderita pada pertandingan nanti.

“David Da Silva sebelumnya sudah bersama Persebaya. Kualitas Da Silva di Indonesia adalah striker terbaik. Jadi saya pikir dengan Da Silva mereka semakin kuat,” nilai Robert dilansir situs resmi Liga 1.

Persebaya sendiri dalam kondisi tidak menguntungkan menjelang menghadapi Persib. Mereka tak bisa menurunkan dua pemain sayap andalan, Osvaldo Haay dan Irfan Jaya. Osvaldo mengalami cedera. Irfan mendapat larangan bertanding.

“Osvaldo sedang terapi di Jakarta. Kelihatannya cedera dia tidak ringan. Perlu waktu untuk penyembuhan. Irfan terkena hukuman akumulasi kartu, dia sudah menerima tiga kartu kuning. Jadi, mereka harus absen nanti,” kata pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal.

Situasi itu membuat jajaran pelatih harus memutar otak untuk menemukan pengganti. Apalagi, Osvaldo dan Irfan merupakan pemain berkualitas dan menjadi andalan Persebaya. Keduanya kerap mendapat panggilan gabung Timnas Indonesia.

Baca Juga:   Hasil & Klasemen Liga 1 2019 Pekan 25

Mereka juga menjadi dua pemain paling produktif di skuat Persebaya saat ini. Osvaldo mencetak lima gol dan Irfan membukukan tujuh gol. Lebih dari itu, Persebaya sendiri mengandalkan kecepatan dan aliran bola dari pemain sayap.

Namun, Pikal mengaku sudah menemukan cara agar absennya dua pemain sayap andalannya secara bersamaan ini tidak membuat performa Persebaya menurun.

“Kami antisipasi dengan strategi khusus untuk pertandingan nanti. Saya sudah punya gambaran, tapi tidak perlu saya sebutkan,” imbuhnya.

Di laga terakhirnya, Persebaya harus puas bermain imbang tanpa gol alias 0-0 menghadapi Borneo FC. Persib Bandung kalah 1-2 dari Madura United.

Dalam laga nanti, Persebaya masih diunggulkan mengingat head to head kedua tim. Apalagi Persib bermain jauh dari Bandung, mirip situasi putaran kedua musim lalu akibat sanksi PSSI.

Kubu Persib bisa menurunkan kekuatan penuh, namun Ezechiel N’Douassel kemungkinan main dari bangku cadangan karena baru pulang dari Timnas Chad.

Kapten Persib, Supardi Nasir Bujang menegaskan tak ingin mengulangi kekalahan ketika Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali menjadi homebase.

Dia tak segan memberi motivasi kepada rekannya agar tidak merasa gentar dengan tren negatif tahun lalu. Baginya, kekalahan harus menjadi pelecut motivasi tim untuk bangkit dan tampil lebih baik.

“Kita punya pengalaman di tahun kemarin, kita punya homebase di sana. Ini dijadikan pelajaran,” kata Supardi dikutip laman resmi Persib. “Tren tahun kemarin jangan terulang, banyak hal yang perlu kita ubah, mungkin semangatnya,” kata Supardi.*

Head to Head

05/07/2019 Persebaya Surabaya vs Persib Bandung 4-0
20/10/2018 Persib Bandung vs Persebaya Surabaya 1-4
26 /07/2018 Persebaya Surabaya vs Persib Bandung 3-4

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya Surabaya:  Miswar Saputra; Otavio Dutra, M Syaifuddin, Ruben Sanadi, Abu Rizal Maulana, Misbakus Solikin, Aryn Williams, M Hidayat, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, David Da Silva.

Baca Juga:   Klasemen Liga 1 2019 Usai Persebaya Kalah dan Persib Imbang

Persib Bandung: I Made Wirawan; Supardi Nasir, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Omid Nazari, Abdul Aziz; Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Kevin van Kippersluis; Ezechiel N’Douassel.*

Sumber: persib.co.id/persebaya.id/liga-indonesia.id

 

Leave a Reply