Persib Bandung Taklukkan PSM Makassar 2-0

PERSIB Bandung menang 2-0 atas PSM Makassar pada laga tunda pekan ke-22 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (22/2/2022) malam.

Dua gol kemenangan Maung Bandung dicetak di awala babak pertama oleh David da Silva dan di akhir babak kedua oleh Zalnando.

Pertandingan PSM vs Persib berlangsung cukup sengit, terutama di babak kedua. Permainan terbuka dan menyerang diperagakan Juku Eja dan Maung Bandung.

Persib yang lebih banyak menciptakan peluang membuka keunggulan saat laga baru bejalan 12 detik. David da Silva memaksimalkan umpan Frets Butuan dari tengah lapangan.

Sepakan mendatar Da Silva berhasil mengeceh kiper PSM, Syaiful. Gol! Persib unggul 1-0.

Setelahnya, Persib beberapa kali menciptakan peluang. PSM membalasnya dengan peluang lebih bagus lagi, khususnya menit 10. Bola hanya menyamping dari gawang Persib.

Persib membalas di menit 13. Erza Walian berhasil memasuki siai kiri kotak penalti PSM dan melambungkan bola ke arah gawang.

Persib dominan dalam serangan dan peluang. Di menit 22 dan 23, David da Silva menyia-nyiakan peluang. Bola yang sudah di depan gawang gagal dimaksimalkan menjadi gol keduanya. Pertama sontekannya melenceng. Kedua sundulannya membentur tiang gawang PSM.

Di menit 28, sepakan jarak jauh Mohammed Rashid membentur pemain PSM dan menghasilkan sepak pojok.

Pertahanan PSM tampak mudah ditembus para pemain Persib. Namun, finishing yang buruk membuat banyak peluang jadi terbuang.

Serangan-serangan PSM juga cukup berbahaya. Beberapa kali gawang Persib terancam.

Di menit 42, PSM mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Persib. Tendangan Golgol ditinju Teja Paku Alam.

Dari sepak pojok, Teja kembali melakukan save. Refleksnya berhasil menghalau bola sepakan Pluim dan kembali menghasilkan sepak pojok bagi PSM.

Baca Juga:   Bambang Pamungkas Diminta Hengkang dari Persija, #SaveBepe Trending

Semenit kemudian, dari umpan tendangan penjuru, Sayuri membuka peluang. Sepakannya berhasil diamankan Teja.

Persib membalasnya di menit akhir babak pertama waktu normal. Sepakan Mohammed Rashid masih membentur pertahanan PSM.

Di injury time babak pertama, PSM mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti Persib. Pluim dianggap dilanggar Victor Igbonefo.

Golgol yang mengeksekusi tendangan bebas. Sepakannya melambung. PSM gagal menyamakan skor. Persib unggul 1-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Persib masih dominan. PSM berusaha lebih agresif dan mampu mengimbangi permainan Persib.

Di menit 50, Persib membuka peluang lewat tendangan bebas Marc Klok. Bola berhasil ditepis Syaiful. Peluang Persib dari tengan penjuru pun berhasil diamankan kiper PSM itu.

PSM langsung membalas semenit kemudian. Umpan lambung ke kotak penalti gagal dimaksimalkan Sayuri. Bola menyamping.

Di menit 58, PSM mendapatankan peluang dari tendangan bebas Pluim. Sepakan on target PSM diamankan Teja. Bola ditinju keluar.

Persib membalas di menit 63. Da Silva lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang. Free headernya di depan gawang masih melambung.

PSM langsung membalas melalui Golgol. Teja mampu kembali melakukan penyelamatan.

Di menit 68, PSM melalui Golgol kembali mengancam gawang Persib. Bola diamankan Teja.

Di menit 72, Febri mendapatkan peluang di kotak penalti PSM. Namun, ia justru mengumpan bola kepada Ezra Walian. Ezra yang tidak menduga mendapatkan umpan, gagal memaksimalkan umpan dengan sempurna.

Tiga menit berselang, Golgol kembali mendapatkan peluang bagi PSM. Sepakannya di kotak penalti membentur bek Persib.

PSM terus menggempur pertahanan Persib guna mencari gol penyeimbang. Persib dipaksa bertahan dan berjibaku mengamankan gawangnya.

Di menit 85, giliran Persib yang memberi ancaman. Dalam sebuah serangan balik, Bruno gagal menjangkau bola umpan Febri Haryadi.

Baca Juga:   Persib Bandung Menang 2-0 atas Kalteng Putra

Persib akhirnya mampu menambah gol di menit ke-88 melalui Zalnando yang baru masuk menggantikan Frets Butuan.

Febri Hariyadi mengirim umpan pendek kepada Bruno. Sepakan Bruno ditepus kiper PSM. Bola bola liar mengarah kepada Zalnando yang tanpa ampun menceploskan bole ke gawang PSM. Persib unggul 2-0.

Di extra time, tidak ada lagi gol. Skor akhir PSM Makassar vs Persib Bandung 0-2.

Dengan kemenangan ini Persib di posisi 3 klasemen dengan 53 poin dari 26 laga. Hanya berbeda 1 poin dengan Bali United yang ada di posisi kedua dan terpaut 2 angka dari Arema yang ada di puncak klasemen Liga 1.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Syaiful; Aditya Dewa, Ganjar Mukti, Hasyim Kipuw, Dallen Doke; Manda Cingi (Rizky Eka Pratam 64′), Rasyid Bakri, Wiljan Pluim, Delvin Rumbino (Ferdinand Sinaga 74′); Golgol Mebrahtu, Yakob Sayuri.

Persib Bandung: Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Henhen Herdiana (Suoardi Nasir 90+3′), Ardi Idrus, Mohammed Rashid (Dedi Kusnandar 74′), Marc Klok, Erwin Ramdani (Febri Hariyadi 46′), Frets Butuan (Zalnando 87′), Ezra Walian, David da Silva (Bruno Cantanhede 74′).

Gol David da Silva (1′)

Gol Zalnando (88′)

Leave a Reply