Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Kumpulkan 60 Pemain

Posted on
Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia
Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia

PSSI resmi memperkenalkan pelatih baru Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, Sabtu (28/12) di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Pada sesi perkenalan kepada media, pelatih asal Korea Selatan itu didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Mochamad Iriawan mengatakan, Shin Tae-yong akan menjalankan projek jangka panjang dengan durasi kontrak selama empat tahun.

“Shin Tae-yong telah dipilih Komite Eksekutif PSSI dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari Departemen Teknik PSSI serta sejumlah pelatih. PSSI ingin membangun tim nasional yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu saja tidak dilakukan secara instan, namun terukur dengan program kepelatihan yang disusun tim pelatih,” Iriawan dilansir laman resmi PSSI.

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang pernah membawa tim Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Saat itu ia sanggup membawa timnya mengalahkan Jerman 2-0.

Ia juga punya pengalaman membawa klub menjadi juara di Liga Champions Asia. Semasa menjadi pemain, Shin juga banyak menorehkan sejumlah prestasi.

Kumpulkan 60 Pemain Timnas

Shin Tae-yong mengaku senang dan berterima kasih kepada PSSI dirinya dapat menjadi pelatih Timnas Indonesia. Ia ingin seluruh rakyat Indonesia mendukung dirinya dan Timnas Indonesia agar dapat metraih prestasi yang diharapkan.

“Saya sudah mengamati permainan Timnas Indonesia. Memang masih perlu perbaikan, namun harapan untuk menjadi lebih baik tentu ada. Saya akan mengumpulkan 60 pemain Timnas Indonesia dan U-20 pada 13 Januari 2020 untuk melihat kemampuan masing-masing pemain,” kata Shin.

“Jadi untuk sekarang, saya tidak bisa berkomentar apa-apa mengenai Timnas Indonesia. Nanti setelah bertemu baru bisa menilai. Pada 6 Januari 2020, saya akan kembali lagi ke sini. Tak ada masalah soal ranking FIFA Indonesia, karena ini kan step by step akan maju. Memang tidak akan terburu-buru naiknya perlu proses.

Baca Juga:   Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-22 vs Arab Saudi

Shin kemudian memberikan gambaran apa yang perlu diperbaiki di Timnas Indonesia. Salah satunya mengenai fisik.

“Kalau kita memberikan pendidikan dari level U-16, U-19, U-22, itu akan membentuk dasar yang kuat agar tim tersebut tidak runtuh dengan mudah. Kemampuan masing-masing pemain Indonesia cukup bagus. Masalahnya pemain Indonesia setelah babak kedua menit ke-65 keatas ada masalah di fisik. Kami akan cari solusi, fisik harus kuat dan mental juga tentu,” tambahnya.*

 

Leave a Reply