Marukawa Bawa Persebaya Taklukkan Persik 1-0

Persebaya Surabaya menang 1-0 atas Persik Kediri pada pertandingan pekan 30 Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Kamis (10/3/2022).

Gol tunggal kemenangan Persebaya dicetak di babak kedua oleh Taisei Marukawa.

Laga bertajuk Derby Jatim berlangsung sengit. Kedua tim belum berhasil mencetak gol hingga babak pertama.

Persebaya sempat menekan di menit keenam lewat Supriadi yang lolos dari jebakan offside. Namun bola tendangannya membentur pemain belakang dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Pressing ketat yang diperagakan Bajol Ijo juga sempat membuahkan ancaman. Bola clearance penjaga gawang Dikri Yusron membentur Marselino dan sempat mengarah ke gawang. Namun putaran bola justru mengubah arah dan bola masih dapat diamankan.

Persik juga sempat menekan lewat serangan balik. Youssef Ezzejjari yang melepaskan umpan berhasil diterima dengan baik oleh Fahmi Alayubi. Beruntung tendangannya yang mengarah ke gawang dapat diblok Rizky Ridho.

Striker asing Persebaya, Arsenio Valpoort, mendapatkan tiga peluang emas dalam rentang waktu lima menit.

Dari bola kemelut di depan gawang hingga umpan terobosan, kesemuanya gagal diselesaikan dengan baik oleh penyerang yang memiliki paspor Belanda itu.

Satu peluang emas sebenarnya hadir di menit ke-32. Supriadi berdiri bebas ketika mendapatkan umpan crossing Marselino. Sayang tembakannya justru terbang di atas mistar gawang.

Tujuh tembakan yang dilakukan Persebaya selama 45 menit babak pertama belum membuahkan hasil. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persebaya vs Persik masih berlangsung sengit. Kedua tim menciptakan peluang.

Namun, hanya Persebaya yang berhasil mencetak gol di menit 77.

Taisei Marukawa yang masuk menggantikan M Supriadi di awal babak kedua, berhasil menguasai bola di kotak penalti. Setelah melewati beberapa bek Persik, sepakan pemain asal Jepang ini menjebol gawang Persik.

Baca Juga:   Daftar Top Skor Liga 1 2019

Skor 1-0 untuk kemenangan Persebaya bertahan hingga babak kedua berakhir.

Dengan hasil ini, Persebaya masih bersaing di perebutan juara. Bajul Ijo menempati posisi lima klasemen Liga 1 dengan 58 poin dari 30 laga.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari; Koko Ari Araya (Ady Setiawan 70′), Alie Sesay, Rizky Ridho (Arif Satria 80′), Frank Rikhart Sokoy; M Hidayat, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto (Alwi Slamet 70′); M Supriadi (Taisei Marukawa 46′), Arsenio Valpoort (Samsul Arif 46′), Bruno Moreira.

Pelatih: Aji Santoso

Persik Kediri (4-3-3): Dikri Yusron; Risna Prahala Benta, Arthur Felix (C), Arthur Irawan, Samsul Arifin; Taufiq, Agil Munawar, Marwin Janver; Fahmi Al Ayyubi, Youssef Ezzejjari, Doinatan Machado.

Pelatih: Javier Roca

Gol Marukawa: Persebaya vs Persik 1-0

Leave a Reply