Manchester United Sepakati Transfer Donny van de Beek dari Ajax

Posted on



Donny van de Beek

Manchester United dikabarkan menyepakati transfer Donny van de Beek dari Ajax Amsterda. Menurut laporan pakar bursa transfer Eropa, Fabrizio Romano, Van de Beek akan menandatangani kontrak di United dalam beberapa jam lagi.

United diyakini bakal mengumumkan kedatangan Van de Beek hari ini, Selasa (1/9/2020). Sky Sports melaporkan sang pemain sudah menjalani tes medis di Manchester.

Menurut laporan Fabrizio, MU dan Ajax sudah menjalin kontrak dan bahkan telah menandatangani dokumen kepindahan Van de Beek ke Old Trafford.

Gelandang asal Belanda itu  dikabarkan telah sepakat membela Setan Merah hingga lima tahun ke depan atau bakal berakhir pada akhir Juni 2025.

“Dokumen telah ditandatangani antara Ajax dan Manchester United. Waktunya melakukan tes medis. Kontrak akan ditandatangani pada jam-jam berikutnya hingga Juni 2025,” bunyi cuit Fabrizio di twitter pribadinya, @FabrizioRomano, Selasa (1/9/2020).

“Donny Van de Beek ke Man United, ini dia konfirmasi untuk talenta ‘lokal’ yang akan meninggalkan Ajax,” tambah salah satu pakar bursa transfer Eropa tersebut.

Kabar tentang Van de Beek ke Man United sebenarnya sempat membuat orang tak percaya. Sebab sebelumnya gelandang berusia 23 tahun tersebut paling gencar diisukan ke klub lain.

Beberapa tim yang pernah dikaitkan dengan Van de Beek adalah Real Madrid dan Barcelona. Bahkan sejak Barcelona ditangani oleh Ronald Koeman, nama Van de Beek menjadi salah satu pemain yang paling diincar oleh pelatih asal Belanda tersebut.

Akan tetapi, pada kenyataannya United menjadi tim yang berhasil mendapatkan tanda tangan talenta local dari Ajax tersebut.

Menurut laporan dari Sky Sport yang juga datang dari Fabrizio, keberhasilan Man United itu tak terlepas berkat bantuan dari Edwin van der Sar.

Mantan kiper Man United itu membantu skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer dalam memuluskan negosiasi dengan Van de Beek.

Van de Beek sendiri akan meramaikan persaingan di lini tengah MU. Saat ini, sudah ada Bruno Fernandes, Paul Pogba, dan Fred, yang biasa mengisi lini tengah United.

Van de Beek dinilai tetap dibutuhkan MU. Eks pemain asal Belanda, Rafael van der Vaart menilai transfer Van de Beek ke MU juga layak terjadi.

“Donny sangat berhak atas transfer ini. Dia bermain bagus untuk Ajax. Dan Manchester United sangat membutuhkan pemain seperti ini di tim mereka. ” kata Van der Vaart kepada NOS.

Van de Beek terbilang gelandang serba bisa. Ia bisa dimainkan sebagai jangkar ataupun gelandang serang.

Fleksibilitas bermain gelandang 23 tahun tersebut bakal menambah opsi Ole Gunnar Solskjaer di lini tengah jika bergabung dengan MU.

Kabar kedatangan Van de Beek juga langsung disambut baik oleh para pemain MU. Bruno Fernandes dan Marcus Rashford langsung bereaksi di media sosialnya.

Fernandes dan Rashford sama-sama menyukai berita tentang kedatangan Van de Beek. Hal itu dinilai menjadi sinyal bahwa para pemain MU senang dengan rekrutan ini.

Van de Beek sendiri menjadi andalan Ajax dalam lima tahun terakhir. Pada 2018/2019, ia bersinar dengan membantu klub Eredivisie Belanda itu maju sampai ke semifinal Liga Champions.

Musim lalu, Van de Beek sendiri masih menjadi motor permainan Ajax. Ia bermain 37 kali dan membuat 6 gol.

Manchester Evening News melaporkan, meski sudah mendapatkan Van de Beek, United masih berusaha mendatangkan incaran utamanya di bursa transfer musim ini, Jadon Sancho.


BolaGP Sport

Leave a Reply