Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Posted on

Jorge Lorenzo

Pebalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo, menyatakan pensiun dari MotoGP seusai musim 2019. Pebalap asal Spanyol itu mengumumkan pensiun dari MotoGP Kamis (14/11/2019) sebelum balapan MotoGP Valencia 2019 dimulai, Jumat (15/11/2019).

Alasan Lorenzo mengundurkan diri dari ajang balap MotoGP karena tidak bisa lagi tampil maksimal usai mengalami cedera.

Lorenzo menjalani musim pertamanya bersama Honda musim 2019. Juara dunia MotoGP lima kali itu tak sekalipun finis di posisi 10 besar dalam semua seri MotoGP 2019. Bahkan, ia absen dalam empat balapan, usai mengalami cedera saat latihan bebas di Sirkuit Assen, Belanda, Juni 2019.

Dalam konferensi persnya, Lorenzo menegaskan balapan MotoGP Valencia 2019 menjadi momen terakhirnya di MotoGP.

“Saya selalu berpikir ada empat hari signifikan dalam hidup pebalap; balapan pertama, kemenangan pertama, gelar juara dunia pertama, dan kemudian hari di mana anda pensiun,” kata Lorenzo seperti dilansir Crash.

“Seperti yang anda semua pikirkan, saya di sini untuk mengumumkan harinya sudah tiba bagi saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP.”

“Saya pertama kali berpikir tentang pensiun setelah cedera di Assen [Belanda], lalu membuat keputusan akhir setelah Malaysia,” ungkapnya.

Sepanjang kariernya, Lorenzo sudah mengoleksi lima gelar juara dunia. Dua kali menjadi juara kelas 250cc (2006 dan 2007) dan tiga kali MotoGP (2010, 2012, dan 2015).

Musim ini, performa Lorenzo merosot bersama Repsol Honda. Diusik masalah cedera sejak awal musim, rider berusia 31 tahun itu tak mampu memenangi sekalipun race dan sementara menempati peringkat 19 di klasemen MotoGP 2019.

Valentino Rossi menyebut Jorge Lorenzo merupakan rival terbaiknya. Ia menyatakan, MotoGP akan merasa sangat kehilangan usai pebalap asal Spanyol ini pensiun.

Baca Juga:   Median Sport - Info Sepak Bola dan MotoGP

The Doctors sendiri pernah enam musim berada satu tim dengan Lorenzo di Yamaha dalam dua periode yang berbeda (2008-2010 dan 2013-2016).

Rossi mengakui bahwa Lorenzo adalah rival terbaiknya di lintasan balapan. Ia menganggap pensiunnya X-Fuera akan menjadi kehilangan besar bagi MotoGP.

“Saya pikir kami akan kehilangan bagian yang sangat penting dari olahraga ini. Dia adalah juara yang hebat dan sering kali mengesankan saya karena kecepatan serta konsentrasinya. Sejak pertama kali datang di kelas di MotoGP, dia selalu sangat kuat. Itu dimulai dari tahun 2008, jadi sudah lebih dari 10 tahun,” ujar Rossi dikutip situs resmi MotoGP.

“Kami adalah rekan satu tim dalam waktu yang lama. Kami melewati musim bersama bersama dengan berbagi paddock. Saya pikir bagi saya pribadi dia adalah salah satu rival terbesar dalam karir saya.”

“Saya melalukan beberapa balapan terbaik dengannya yang yang selalu saya ingat. Sangat mengecewakan bahwa dia sudah mengakhirinya. Namun ia tetaplah sosok yang luar biasa. Semoga dia mendapatkan yang terbaik setelah ini,” ungkap Rossi.*

 

One thought on “Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP

Leave a Reply