Indonesia Kalah 1-3 dari Vietnam, Peluang ke Piala Dunia Sirna

Posted on

Indonesia vs Vietnam 1-3

Timnas Indonesia menelan kekalahan keempat pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019), Indonesia kalah 1-3.

Kekalahan ini merupakan yang keempat secara beruntun, setelah skuat Garuda asuhan pelatih Simon McMenemy ini kalah dari Malaysia, Thailand, dan UEA.

Dengan tak pernah meraih poin dari 4 laga, Indonesia masih menghuni dasar klasemen dengan 0 poin. Peluang lolos ke Piala Dunia pun bisa dikatakan sirna.

Di empat laga sisa, semuanya bermain di kandang lawan, yakni di Malaysia, Thailand, UEA, dan Vietnam.

Dalam laga kontra Vietnam, Indonesia lebih banyak menerima tekanan dari tim tamu. Baru di menit-menit akhir babak kedua, Indonesia tampak lebih agresif setelah melakukan pergantian pemain.

Vietnam membuka skor di menit ke-27. Do Hung Dung menanduk bola sepak pojok ke tengah gawang, sebelum diselesaikan Do Duy Manh dengan sepakan dari jarak dekat.

Keunggulan Vietnam bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Indonesia dihukum dua kali penalti. Pada menit ke-53, Do Hung Dung dilanggar Yanto Basna. Wasit menunjuk titik putih!

Que Ngoc Hai menjadi eksekutor, bisa menunaikan tugasnya dengan sempurna. Vietnam unggul 2-0 atas Indonesia.

Vietnam menambah keunggulan menjai 3-0 pada menit ke-60. Nguyen Tien Linh ada dalam situasi one on one dengan kiper Indonesia, M. Ridho. Dengan tenang pemain nomor punggung 18 Vietnam itu bisa menaklukkan Ridho.

Indonesia mengganti Stefano Lilipaly dengan Irfan Bahcdim pada menit ke-81. Timnas pun berhasil membalas satu gol pada menit ke-83.

Umpan Riko Simanjutak usai melakukan akselerasi, bisa diselesaikan Irfan Bachdim dengan sontekan dari jarak dekat. Indonesia 1-3 Vietnam.

Di masa injury time, Vietnam kembali mendapat hadiah penalti, namun Ridho berhasil menggagalkan bola masuk ke gawangnya.

Baca Juga:   Pecat Simon McMenemy, PSSI Kontak Luis Milla dan Shin Tae-yong

Tidak ada lagi gol hingga laga berakhir. Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam dan bisa dikatakan tidak punya peluang lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Susunan Pemain

INDONESIA: Muhammad Ridho, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna, Abduh Lestaluhu, Putu Gede Juniantara, Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana, Stefano Lilipa;y, Riko Simanjutak, Saddil Ramdani, Alberto Goncalves

VIETNAM: Dang van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, B T Dung, Doan Van Hau, Nguyen Trong Hoang, Do Hung Dung, Nguyen Van Toan, Pham Duc Huy, Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai.

Klasemen

  1. Thailand 3 2 1 0 5 1 4 7
  2. Vietnam 3 2 1 0 4 1 3 7
  3. UAE 3 2 0 1 8 3 5 6
  4. Malaysia 3 1 0 2 4 5 -1 3
  5. Indonesia 4 0 0 4 3 14 -11 0

Jadwal laga selanjutnya untuk Indonesia: 

  1. Malaysia (19 November), tandang
  2. Thailand (26 Maret 2020), tandang
  3. UAE (31 Maret 2020), kandang
  4. Vietnam (4 Juni 2020), tandang

 

Leave a Reply