Hajar Bali United 3-0, Persib Bandung ke Final Championship Series Liga 1

Persib Bandung vs Bali UnitedPersib Bandung menaklukkan Bali United 3-0 dalam Semifinal Championship Series Liga 1 leg kedua di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Sabtu (18/5/2024) malam.

Tiga gol kemenangan Maung Bandung dicetak Ciro Alvez (31′), Febri Hariyadi (39′), dan Edo Ferbriansah (70′). Dengan hasil ini, Persib unggul agregat 4-1 karena imbang 1-1 di leg pertama dalam laga di Bali.

Dengan dukungan bobotoh yang memenuhi stadion, Persib tertekan di awal pertandingan. Bali United memulai dengan agresif. Dalam lima menit pertama sudah tiga kali bisa mengancam gawang Persib.

Bali United mengancam pertahanan Persib melalui sayap kanan dan kiri. Hal ini memaksa Persib banyak tertekan dan mengandalkan serangan balik cepat.

Persib mengandalkan Ciro Alvez dan David da Silva seperti pertandingan pertama yang berakhir imbang 1-1.

Bali United melakukan pressing tinggi ke lini pertahanan Persib sehingga Maung Bandung tidak bisa leluasa mengalirkan bola ke Da Silva.

Wasit Rio Permana mengeluarkan kartu kuning pertama untuk pemain sayap Persib, Febri Hariyadi pada menit 12 usai melanggar Irfan Jaya.

Bali United mendapatkan tendangan ke gawang pertama dalam pertandingan ini lewat sepakan Ricky Fajrin pada menit 18, tetapi bisa diselamatkan kiper Persib.

Persib yang bertindak sebagai tuan rumah mempunyai peluang pertama pada menit 24. Sepakan luar kotak penalti Mark Klok masih melenceng dari gawang Bali United yang dijaga Adilson Maringa.

Persib lagi-lagi mengancam gawang Bali United pada menit 29 lewat tendangan geledek Dedi Kusnandar, tetapi Maringa terbang untuk menyelamatkan gawang Bali United yang membuahkan tendangan sudut.

Di menit ke-31, Persib yang sudah keluar dari tekanan mendapatkan sepak pojok yang diambil Klok. Umpan Klok berhasil disundul Ciro Alves dan gol. Persib unggul 1-0.

Wasit Rio Permana sempat berdiskusi dengan petugas VAR selama beberapa menit, namun Rio Permana tetap mengesahkan gol Ciro.

Persib kembali menjebol gawang Bali United di menit ke-39 lewat sekapan Febri Hadiyadi. Skor menjadi 2-0 untuk Persib.

Lewat serangan balik yang dimotori Klok, Febri yang menusuk dari sisi kanan melepaskan tendangan keras yang tidak bisa dihalau oleh Maringa.

Hingga babak pertama selesai, Persib tetap unggul 2-0 atas Bali United.

Persib Bandung vs Bali United

Di babak kedua, Bali United kembali lebih menyerang dan menekan Persib. Namun, Maung Bandung yang sudah unggul 2-0 bermain lebih tenang.

Di menit ke-50, Stefano Beltrame mendapatkan peluang dari serangan balik cepat. Sudah one on one dengan kiper, finishingnua belum sempurna. Bola berhasil dicuri bek Bali. Namun, akibatnya ia tabrakan dengan Maringa yang lalu cedera dan diganti.

Persib berhasil mencetak gol ketiga di menit ke-71 lewat tendangan Edo Febriansyah.

Umpan lambung Ciro Alves berhasil diterima David Da Silva. Namun bola lepas dan mengarah kepada Edo Febriansyah. Dengan mudah Edo menendang keras bola masuk gawang Bali United. Persib unggul 3-0 (4-1).

Memasuki sepuluh menit akhir babak kedua, Bali United berusaha menekan Persib. Lini pertahanan Maung Bandung bertahan dengan baik dan sesekali memberikan ancaman ke gawang Bali United.

Memasuki menit ke-87, Bali United berhasil mencetak gol akibat kesalahan pemain belakang Persib. Namun, Ilija Spasojevic dalam posisi offside ketika mendapatkan bola. Skor tetap 3-0 untuk Persib.

Di masa tambahan waktu lima menit, Persib mendapatkan peluang dari tendangan Ezra Walian. Bola berhasil diblok bek lawan.

Skor akhir Persib Bandung vs Bali United 3-0. Dengan hasil ini, Persib unggul agregat 4-1 dan lolos ke Final Champhionship Series Liga 1 untuk menghadapi Madura United atau Borneo FC.

Susunan Pemain

Persib Bandung (4-3-3): Kevin Ray Mendoza; Rezaldi Hehanusa, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Henhen Herdiana; Dedi Kusnandar (Rachmat Irianto 56′), Marc Klok, Stefano Beltrame (Ezra Walian 72′); Febri Hariyadi (Edo Febriansah 46′, Zalnando 90′), Ciro Alves (Ferdiansyah 90′), David Da Silva.

Pelatih: Bojan Hodak (Kroasia)

Bali United (4-3-3): Adilson Maringa (Muhammad Ridho 56′); Novri Setiawan, Elias Dolah, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin; Luthfi Kamal (Kadek Agung 46′), Mohammed Rashid, Eber Bessa; Privat Mbarga, Jefferson Assis (Ilija Spasojevic 68′), Irfan Jaya (Muhammad Rahmat 57′).

Pelatih: Stefano Cugurra (Brasil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.