Ketua European Super League adalah Presiden Real Madrid, Florentino Perez. Liga Super Eropa rencananya mulai bergulir pada 2023-2024. Digelar setiap Agustus hingga Mei.

Liga Super Eropa

European Super League (Liga Super Eropa) menjadi trending topic di Twitter, Minggu (18/4/2021).

Hal itu terkait kabar akan diumumkannya kompetisi selevel Liga Champions (UEFA Champions League) itu dalam waktu dekat.

Sejumlah klub besar di Spanyol, Inggris, dan Italia dikabarkan telah setuju untuk bergabung dengan Super League.

Mereka adalah Real Madrid, Barcelona dan Atlético Madrid dari Spanyol; Manchester United, Liverpool, Manchester City, Arsenal, Chelsea dan Tottenham dari Inggris; dan Juventus, AC Milan dan Inter dari Italia.

UPDATE

Pada Senin (19/4/2021), 12 tim resmi menggagas European Super League. Mereka adalah enam raksasa Premier League yakni Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Arsenal, kemudian tiga wakil Liga Italia yakni Juventus, Inter Milan, dan AC Milan, serta wakil Liga Spanyol yakni Real madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Nantinya liga ini akan diisi 20 tim, dengan delapan tim peserta tambahannya masih ditunggu keikutsertaannya sampai batas waktu tidak ditentukan.

Kompetisi ini akan diikuti 20 klub Eropa yang terdiri dari 15 Klub Pendiri dan lima tim sisanya akan dipilih berdasarkan performa klub di kompetisi domestik Eropa pada musim sebelumnya.

Kompetisi ini rencananya mulai bergulir pada 2023-2024 dengan digelar setiap Agustus hingga Mei.

Dilansir Sky Sports, enam tim Liga Inggris terlibat dalam rencana kompetisi level Eropa itu.

Sky News melaporkan, Liverpool, Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan dua tim Liga Premier lainnya, diketahui terlibat dalam rencana Liga Super Eropa.

Sejumlah klub top Italia dan Spanyol diyakini juga terlibat dalam rencana tersebut.

Di sisi lain, Liga Premier dan UEFA dengan tegas mengutuk rencana tersebut.

Proyek European Super League ini diluncurkan untuk menyaingi format Liga Champions Eropa yang saat ini mendominasi sepak bola Eropa.

Editor Sky News City Mark Kleinman mengatakan: “Pemahaman saya adalah bahwa 12 klub dari seluruh Eropa termasuk enam klub Inggris terbesar sekarang telah mendaftar ke format baru ini. Yang lainnya termasuk Barcelona, ​​Juventus dan Real Madrid.”

Baca Juga:   Tottenham Hotspur vs Newcastle United 1-1 Highlights

Kleinman menambahkan: “Liga baru mencakup sejumlah uang yang luar biasa yang akan diberikan kepada klub-klub yang berpartisipasi. Sekitar $ 5 miliar telah dialokasikan untuk proyek baru ini.

European Premier League: Man United, Liverpool among top English clubs pushing for new FIFA event, per report - CBSSports.com
European Premier League: Man United, Liverpool among top English clubs pushing for new FIFA event, per report – CBSSports.com

Liga Premier Inggris tidak mendukung

Kepala eksekutif Liga Premier Richard Masters telah menulis surat kepada semua 20 klub liga di Inggris untuk menyatakan penentangannya terhadap proyek baru tersebut.

Masters mengatakan kepada 20 bahwa “usaha ini tidak dapat diluncurkan tanpa klub Inggris dan kami meminta klub mana pun yang mempertimbangkan untuk mengasosiasikan diri mereka sendiri atau bergabung dengan usaha ini untuk segera pergi sebelum kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terjadi”.

“Kami tidak dan tidak dapat mendukung konsep seperti itu,” tulis memo Masters.

“Aturan Liga Premier berisi komitmen di antara klub untuk tetap berada dalam piramida sepak bola dan melarang klub mana pun memasuki kompetisi di luar yang tercantum dalam Aturan L9, tanpa izin dewan Liga Premier.”

“Saya tidak bisa membayangkan skenario apa pun di mana izin seperti itu akan diberikan.”

Liga Premier mengecam dengan mengeluarkan pernyataan berikut:

“Liga Premier mengutuk setiap proposal yang menyerang prinsip-prinsip kompetisi terbuka dan prestasi olahraga yang merupakan jantung piramida sepak bola domestik dan Eropa.”

“Fans dari klub mana pun di Inggris dan di seluruh Eropa saat ini dapat bermimpi bahwa tim mereka dapat naik ke puncak dan bermain melawan yang terbaik. Kami percaya bahwa konsep Liga Super Eropa akan menghancurkan mimpi ini.”

“Liga Premier bangga menjalankan kompetisi sepak bola yang kompetitif dan menarik yang menjadikannya liga yang paling banyak ditonton di dunia. Kesuksesan kami telah memungkinkan kami memberikan kontribusi finansial yang tak tertandingi untuk piramida sepak bola domestik.”

“Liga Super Eropa akan merongrong daya tarik dari keseluruhan pertandingan, dan memiliki dampak yang sangat merusak pada prospek langsung dan masa depan Liga Premier dan klub anggotanya, dan semua orang di sepak bola yang mengandalkan pendanaan dan solidaritas kami untuk makmur. Sepak bola Inggris untuk kepentingan terbaik permainan ini. ”

Baca Juga:   Hasil dan Klasemen Liga Inggris Terbaru Pekan 28

UEFA berjanji mencegah Liga Super Eropa

Dalam pernyataan bersama dengan badan pengatur nasional dan liga papan atas di Inggris, Italia dan Spanyol – UEFA dengan tegas mengutuk rencana yang sedang dibahas oleh beberapa klub elit benua, menekankan bahwa organisasi akan tetap bersatu dalam menentang inisiatif “sinis” , dan akan menggunakan semua metode yang tersedia bagi mereka, termasuk tindakan hukum, untuk mencegah skema dipraktikkan.

Badan pengatur sepak bola Eropa juga menetapkan bahwa tim yang terlibat dalam liga semacam itu tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi “domestik, Eropa, atau dunia lainnya dan bahwa pemain dapat dilarang mewakili negara mereka.

UEFA juga memuji klub-klub di Prancis dan Jerman yang, menurut badan pengatur, menolak untuk ambil bagian dalam diskusi mengenai konsep Liga Super Eropa.

Liga Super Eropa diinisasi sejumlah klub elite Eropa. Kompetisi itu rencananya akan digelar secara independen, sehingga tak akan ada campur tangan federasi sepak bola mana pun.

Sejumlah klub elite Eropa tak ingin FIFA atau UEFA yang jadi moderator. Mereka tahu bahwa kompetisi baru antarklub elite Eropa ini bakal dianggap tidak sesuai dengan aturan FIFA.

Apalagi, dalam waktu dekat FIFA ingin mengadakan format baru pertandingan antarklub internasional dalam balutan Piala Dunia Antarklub 2021.

Liga Super Eropa bakal terus menghadirkan pro-kontra. Bagi klub, banyaknya pertandingan tentu bisa menguntungkan secara finansial.

Namun bagi para pemain, hal itu belum tentu bisa diterima karena mereka akan memainkan laga lebih banyak otomatis menguras tenaga dan konsentrasi.

Format European Super League

Kompetisi baru bernama European Super League atau Liga Super Eropa ini rencananya dimulai Agustus.

Pada Minggu, 18 April 2021, European Super League mengeluarkan pernyataan resmi. Daftar klub peserta, pengurus dan formatnya diumumkan kepada publik.

Baca Juga:   Jadwal Semifinal Piala Liga Inggris, MU Tantang Manchester City

Sejauh ini 12 klub besar sudah dipastikan ikutan yakni AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Mereka akan berstatus sebagai Founding Clubs. Nantinya ada 15 Founding Clubs. Tiga klub lain masih belum diumumkan. Diduga adalah Bayern Munchen, Paris Saint Germain dan Borussia Dortmund.

Ke-15 klub ini bakal menjadi peserta tetap European Super League. Dalam pernyataan resminya, European Super League diketahui akan diikuti 20 klub tiap musimnya. Lima klub lain bukan peserta tetap.

“20 klub yang berpartisipasi dengan 15 Klub Pendiri dan mekanisme kualifikasi untuk lima tim lainnya untuk lolos setiap tahun berdasarkan pencapaian di musim sebelumnya,” demikian pernyataan resmi European Super League.

European Super League benar-benar ingin menjadi pengganti Liga Champions. European Super League digelar di pertengahan pekan.

Klub peserta akan tetap ikut bertanding di liga domestik setiap akhir pekannya seperti yang terjadi selama ini.

Ke-20 peserta European Super League akan dibagi dalam dua grup. Masing-masing grup berisi 10 klub. Mereka akan memainkan pertandingan kandang dan tandang sama seperti fase grup Liga Champions.

Tiga tim teratas setiap grupnya kan otomatis lolos ke babak perempat final. Tim yang menempati urutan empat dan lima masing-masing grup harus bersaing di play-off guna memperebutkan tiket tersisa ke perempat final. Laga play-off berlangsung dua leg.

Memasuki babak perempat final, kompetisi akan digelar dengan format dua leg. Baru di final, pertandingan dimainkan satu kali di tempat netral.

 

Leave a Reply