Dinyatakan Bersalah pada Insiden MotoGP Austria, Johann Zarco Dihukum

Posted on



Dinyatakan Bersalah pada Insiden MotoGP Austria, Johann Zarco Dihukum

PEBALAP Avintia Racing, Johann Zarco, dinyatakan bersalah dalam insiden di MotoGP Austria pekan lalu (16/8/2020).

Dalam insiden di sirkuit Red Bull Ring pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Franco Morbidelli, Zarco dianggap “nyelonong” masuk ke jalur motor Morbidelli hingga ditabrak di Turn 3 saat balapan baru berlangsung beberapa lap.

Dilansir laman resmi MotoGP, Jumat (21/8/2020), Steward FIM MotoGP telah memanggil Zarco dan Morbidelli pada Kamis (20/8) . Keduanya memberikan kesaksian. FIM juga meninjau ulang seluruh bukti video.

“Ada bukti mengenai cara berkendara yang tak bertanggung jawab dari Johann Zarco, yang berujung pada penalti,” demikian keterangan resmi FIM.

“Pebalap Prancis itu akan mengawali balapan MotoGP yang berikutnya ia ikuti dari pitlane,” lanjut keterangan resmi panelis steward (Bill Cumbow, Freddie Spencer, dan Ralph Bohnhorst).

Pada balapan pekan lalu, Zarco dan Morbidelli terlibat insiden kecepatan tinggi. Keduanya sama-sama tak bisa melanjutkan balapan.

Motor keduanya sempat melayang, melewati lintasan, dan nyaris mengenai Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang saat itu melintas dengan kecepatan tinggi.

Zarco juga mendapat kecaman akibat gaya balapannya yang dianggap berbahaya. Morbidelli bahkan menuding pebalap 30 tahun itu sebagai ‘setengah pembunuh’ yang dianggapnya tak memikirkan keselamatan orang lain.

Kejadian tersebut merupakan yang kedua kalinya secara beruntun Zarco terlibat insiden di tengah balapan.

Sebelumnya, rider asal Prancis itu bersenggolan dengan Pol Espargaro di MotoGP Ceko dan mengakibatkan pebalap KTM tersebut terjatuh dan gagal finis.

“Saya tahu jika ada banyak kritik kepada saya selama seminggu ini, tetapi saya juga sangat sibuk mengatur operasi pergelangan tangan saya dan tidak bisa menghabiskan waktu di media sosial karena saya tidak dapat benar-benar berbicara melawan semua kritik tersebut,” kata Zarco, dilansir dari Crash.*


BolaGP Sport

Leave a Reply