Aturan Liga 1 2020: Suporter Datang ke Stadion, Timnya Dinyatakan Kalah!

Posted on



Aturan Liga 1 2020: Suporter Datang ke Stadion, Timnya Dinyatakan Kalah!

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) membuat aturan baru dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2020 mulai Oktober 2020.
Semua pertandingan dipastikan tanpa penonton di stadion. Bahkan, telah disepakati pula, hukuman jika ada suporter yang nekat datang ke stadion.

Jika suporter datang langsung ke stadion, maka klubnya akan langsung dinyatakan kalah. 

Hukuman itu dirasa bakal membuat suporter benar-benar tidak datang dan menaati protokol kesehatan. Mereka juga diminta menonton pertandingan tim kesayangannya melalui layar kaca di Indosiar, O Channel, dan live streaming di Vidio.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, merespons kabar ini. Dia sepakat dengan regulasi yang dibuat PSSI dalam pertemuan para manajer klub di Bandung, Senin (21/9/2020). 

Dia pun mengirim pesan kepada Bonek, suporter Persebaya, untuk memahami regulasi ini.

“Tidak hanya Bonek, tentunya semua suporter harus mematuhi aturan ini. Kalau ada suporter berkumpul datang, buat saya bagus saja kalau itu menjadi kekalahan buat timnya. PSSI melihat kepentingan yang lebih besar,” ucap Aji Santoso dilansir Antara.

Kekhawatiran datangnya Bonek di area stadion cukup beralasan. Selama ini Persebaya kerap menggelar pertandingan tanpa penonton, baik karena hukuman atau faktor teknis. Buktinya, Bonek juga tetap memaksa hadir, meski hanya berada di luar stadion.

“Seumpama aturan ini sudah final dari federasi, bagaimana ini berjalan dengan lancar dan COVID-19 ini tidak akan menular dan menyebar. Menurut saya, pemikiran hukuman ini sangat bagus, karena kompetisi digelar dalam kondisi tidak normal,” imbuhnya.

Peraturan ini sebenarnya menimbulkan tanda tanya. Sebab, ada kemungkinan oknum suporter datang dan menyamar sebagai suporter klub lain agar membuat tim lawan kalah.

Namun, belum ada kejelasan jika suatu pertandingan didatangi oleh suporter dari kedua tim. Jika didasarkan pada regulasi, maka apakah seharusnya kedua tim dinyatakan kalah?

Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi, akan memberikan edukasi kepada Bonek. Manajemen Persebaya Surabaya sudah beberapa musim terakhir memiliki divisi relasi penggemar yang bertindak dalam seksi ini.

“Kami mengusulkan harus ada regulasi yang tegas, harus ada hukuman yang tegas kalau masih ada penonton yang datang. Saat ini kami di Persebaya sudah mengedukasi mereka (Bonek), menyampaikan status kompetisi tanpa penonton,” ucap Candra.

Imbauan tidak datang ke stadion juga datang dari kelompok suporter Persib Bandung, Viking Persib Club.

Pertandingan kandang Persib Bandung di Liga 1 2020 akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan berlangsung tanpa penonton di stadion.

Ketua Viking Persib Bandung Club, Heru Joko, meminta Bobotoh agar ikuti peraturan yang dikeluarkan PT LIB. Jangan sampai Persib Bandung kalah gegara Bobotoh datang ke stadion.

“Kita ingin Persib tidak terancam (kekalahan), Persib ingin aman main, karena jelas aturannya tidak boleh ada penonton,” kata Heru Joko di Bandung, Kamis (24/9/2020).

Saat ini pihaknya, terus melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada bobotoh baik secara langsung ataupun menggunakan media sosial.

“Kita lebih banyak bikin kampanye,” ujarnya dikutip detikcom.

Pihaknya juga akan membantu PT PBB dan pihak kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan nanti.

“Kita bikin satgas dan bekerjasama dengan PT PBB, dengan pihak kepolisian, alhamdulillah, pasti kita akan ikut mengamankan karena penting bagi kita,” ungkapnya.

Ia menambahkan, jangan sampai kedatangan bobotoh malah menjadikan tim kesayangan warga Jabar menjadi kalah.

“Katanya kalau ada penonton di sana, kita dipastikan kalah,” tambahnya.

Heru juga menyebut, ia dan pengurus pendukung Persib lainnya juga akan bersama-sama menjaga kondusifitas dan berkomitmen tidak akan datang ke stadion.

“Kita akan pastikan nanti di sekitar stadion tidak akan ada penonton,” sebutnya.

Selain itu, menurut Heru jika didapati bobotoh yang memiliki kartu keanggotaan Viking dan datang ke stadion maka kartu keanggotaannya akan dicabut.

“Untuk anggota Viking jelas aturannya, kalau memaksakannya diri ada aturan yang dibuat, ya bisa (dicabut keanggotaan),” pungkasnya.*


BolaGP Sport

Leave a Reply